itoday.id | CILEGON . Dinas Koperasi (Dinkop) dan UMK Kota Cilegon memberikan pelatihan kerajinan tangan ecoprint kepada belasan pelaku UMKM di Hotel Gondang Kota Cilegon, Selasa (14/12).

Plt Kepala Dinkop dan UMK Kota Cilegon Rasmi Widyani mengatakan, kegiatan ini adalah upaya untuk meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM di Kota Cilegon. “Hari ini (Selasa 14/12), kami memberi pelatihan kerajinan ecoprint agar mereka punya keahlian pada kerajinan ecoprint dan ada tambahan penghasilan dari kerajinan ecoprint ini,” kata Rasmi.

Dijelaskan Rasmi, kerajinan ecoprint ini ramah lingkungan karena dibuat secara alami menggunakan daun atau bunga untuk motif pada kain dan hasil dari kerajinan ecoprint tidak kalah indah dengan pewarna tekstil pakaian dari pabrik.

“Jadi kedepan dengan adanya pelatihan ini semoga kerajinan ecoprint dikenal banyak orang. Sehingga kita tidak bergantung pada bahan kimia karena kita punya banyak tanaman yang bisa dibuat untuk pewarna,” jelasnya.

Di tempat yang sama, narasumber pada pelatihan kerajinan ecoprint Irma Susanti mengatakan, kerajinan ecoprint bukan kerajinan batik. Ecoprint menggunakan daun, bunga dan pewarnanya dari akar kulit kayu.

“Jadi ecoprint adalah salah satu upaya kerajinan untuk menyelamatkan bumi karena sudah terlalu banyak sampah-sampah tekstil kain jadi klo ecprint alami menyatu dengan lingkungan,” kata Irma. (Red)