itoday.id | TANGERANG – Sejalan dengan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) sebagai Industrial Assistance, Kantor Wilayah DJBC Banten (Kaban) secara aktif melaksanakan kegiatan Customs Visit Customer (CVC), yaitu kunjungan kepada stakeholdernya para perusahaan pengguna fasilitas kepabeanan dan cukai.

CVC dipimpin oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kaban, Broto Setia Pribadi yang didampingi Bea Cukai Tangerang. Kunjungan dilakukan pada Rabu, 24 April 2024 ke perusahaan pengguna Fasilitas Kawasan Berikat (KB) PT Global Prima Indotek (GPI) yang berlokasi di Kawasan Industri dan Pergudangan Cikupamas. PT. GPI sendiri memproduksi perlengkapan kabel, peralatan pengontrol dan pendistribusian listrik.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk mendapatkan gambaran langsung permasalahan- permasalahan yang dihadapi oleh pengusaha, khususnya perusahaan pengguna Fasilitas Kawasan Berikat, agar dapat diambil langkah-langkah nyata dan segera untuk mengatasi permasalahan tersebut,” ujar Broto.

Fasilitas Kawasan Berikat merupakan fasilitas yang diberikan pemerintah melalui Bea Cukai, berupa pemberian fasilitas penangguhan pembayaran Bea Masuk dan tidak dipungut PPN, PPnBM dan PPh Pasal 22 Impor, salah satunya untuk barang dan/atau bahan yang diolah dalam proses produksi, yang hasilnya terutama ditujukan untuk diekspor.

Kegiatan CVC ini bertepatan juga dengan kunjungan pembeli (buyer) dari Home Depott-USA untuk melihat langsung iklim investasi Indonesia. Mr. Wes yang mewakili buyer dari Home Depott-USA merasa senang dan bersyukur bisa bertemu langsung dengan Bea Cukai Indonesia.

“The benefits that we got from regarding the facilities are encouraging the development of the business world and increasing the competitiveness of companies on a global scale (Manfaat yang kami peroleh dari fasilitas tersebut adalah mendorong perkembangan dunia usaha dan meningkatkan daya saing perusahaan dalam skala global),” pungkas Mr. Wes

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah DJBC Banten, Rahmat Subagio menyampaikan bahwa Fasilitas Kawasan Berikat yang diberikan, berhasil mendorong peningkatan volume ekspor PT Global Prima Indotek yang sebelumnya 3 kontainer per bulan, saat ini berhasil mencapai 15 kontainer setiap bulannya.

Pelaksanaan kegiatan Customs Visit Customer (CVC) diharapkan para pengguna jasa dapat lebih mudah berkonsultasi dan mendapatkan informasi tentang proses fasilitas kepabeanan yang lebih efektif melalui kegiatan tersebut. Kegiatan ini rutin dilakukan ke pengguna jasa guna menjalin komunikasi serta mengetahui lebih dalam mengenai proses bisnis perusahaan. (Red)