itoday.id | Tangerang Selatan – Bertempat di Kantor Wilayah Bea Cukai Banten, Kepala Kanwil Bea Cukai Banten menerima kunjungan Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat (APKB) pada Kamis 31 Agustus 2023.

Tak kurang 11 orang pengurus inti APKB Pusat dan APKB Banten menghadiri acara tersebut, yang dipimpin Sekjend APKB Pusat Sumarlan Astro Prawiro didampingi Ketua APKB Banten Ahmad Matien Mukhtar dan pengurus inti lainnya.

Kepala Kanwil DJBC Banten Rahmat Subagio menerima dengan hangat rombongan dari APKB. Ikut mendampingi, Kepala KPPBC TMP A Tangerang Abdul Karim, Kepala KPPBC TMP Merak Agus Amiwijaya, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Firsti Masdiani dan para Pejabat Administrator dilingkungan Kanwil Bea dan Cukai Banten lainnya.

Beberapa hal dibahas dalam pertemuan ini, namun secara khusus APKB melakukan highlight terhadap persiapan menuju mandatory system aplikasi Ceisa 4.0. Terkait kontrak kerja saat mandatory ditetapkan dan terdapat kontrak kerja Subkon/Peminjaman/Reparasi yang masih berjalan. Lalu bagaimana alur mitigasi saat terjadi kendala di CEISA 4.0. Terakhir ketika terjadi kondisi System Down lebih dari 4 Jam, seperti apa penanganannya untuk meminimalisir antrian dokumen.

“Terimakasih sekali kami sampaikan kepada Bapak Kakanwil Bea Cukai Banten yang telah memfasilitasi pertemuan acara kita pada hari ini. Sebenarnya apa yang ingin kami sampaikan diacara ini adalah lebih kepada curahan dari teman-teman dilapangan untuk mengkomunikasikan dengan pihak Kanwil, khususnya menjelang mandatory penerapan Ceisa 4.0.” ujar Ahmad Matien Mukhtar, Ketua APKB Banten.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kanwil Bea Cukai Banten mengucapkan terimakasih atas penyampaian aspirasinya. “Sama sama kita cek bagaimana penggunaan system aplikasi ini, karena kami disini dalam posisi juga sebagai pengguna, baik di unit fasilitas maupun unit pengawasan.”

“Permasalahan yang ditemui dilapangan akan menjadi permasalahan kami juga. Untuk menuju ke kondisi ideal memang harus dicoba, mana yang harus diperbaiki, dan nanti jadi usulan kita untuk penyempurnaannya.” Lanjut Rahmat Subagio

Sejalan dengan salah satu misi Bea Cukai terkait Industrial Assistance dan Trade Facilitator, Kanwil Bea Cukai Banten beserta satuan vertikal dibawahnya senantiasa berusaha memberikan asistensi kepada stakeholdernya dan terus berupaya memberikan pelayanan dan fasilitas untuk mendukung upaya pengembangan bisnisnya.

Komitmen yang tinggi tersebut ditunjukkan dengan mau menerima dan mendengarkan setiap aspirasi yang disampaikan oleh para penggunajasa, serta mengupayakan penyelesaian terhadap permasalahan yang ada. (Red)