Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
News

Tukang Kusen Binaan CSR PT. IKPP Serang Naik Kelas Jadi Craft Kayu

×

Tukang Kusen Binaan CSR PT. IKPP Serang Naik Kelas Jadi Craft Kayu

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Itoday.id | SERANG – Kayu bekas, sering dianggap tidak bernilai dan biasanya berakhir di tempat pembuangan sampah atau tungku pembakaran.

Namun kali ini berbeda, kayu bekas dimanfaatkan oleh salah satu seorang tukang kusen Herman. Ia memodifikasi kayu bekas menjadi produk yang bernilai.

Example 300x600

Hal itu berkat adanya dukungan dan pembinaan dari PT. Indah Kiat Serang, telah berhasil merubah kayu bekas menjadi produk yang bernilai jual tinggi yang kini berpenghasilan puluhan juta rupiah.

Herman mengaku, dirinya dulu, untuk mendapatkan ratusan ribu rupiah membuat pintu dengan ukuran besar. Itupun, kata dia harus membeli bahan baku kayu yang cukup mahal.

“Kini saya bisa mendapatkan ratusan ribu rupiah hanya dengan 1 buah souvenir dari kayu bekas yang sudah menjadi sampah.” ungkap Herman, ketua Kelompok UMKM Chip. Selasa (18/10/2022).

UMKM CHIP (Cipta Handycraft Inovation Product) melakukan aksi pemberdayaan lingkungan dengan mengolah kayu bekas sisa peti menjadi cinderamata berkualitas tinggi.

Herman menyampaikan, produk Chip sudah banyak digunakan menjadi souvenir resmi beberapa instansi dan perusahaan.

“Sudah beberapa kali produk Kami menjadi souvenir beberapa instansi, bahkan yang cukup membanggakan produk Kami dijadikan cinderamata resmi dari Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) dibeberapa kegiatan. Dan yang tak kalah membanggakan baru-baru ini adalah Kami membuat miniatur sepeda Bapak Eka Tjipta Widjaja, sepeda yang menjadi saksi sejarah perjuangan dalam merintis usaha sampai menjadi Sinar Mas yang sangat besar seperti saat ini,” terangnya.

Sementara, Humas PT. IKPP Serang, Dani Kusumah menuturkan dalam memperingati 100 tahun pendiri Sinar Mas, CHIP membuat souvenir khusus berbentuk miniatur sepeda. Harapannya, semangat Eka Tjipta Widjaja dalam berjuang membangun bisnisnya bisa menginspirasi kita semua.

“Ini bentuk nyata pembinaan PT. IKPP Serang kepada UMKM sehingga berhasil naik kelas. Ada beberapa UMKM lain yang terus kita dorong dengan semangat pantang menyerah untuk naik kelas,” jelasnya.(Red)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *