Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
News

Perhatian! WhatsApp Bakal Blokir Permanen Grup Mencurigakan

×

Perhatian! WhatsApp Bakal Blokir Permanen Grup Mencurigakan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

itoday.id, Jakarta | Hampir semua masyarakat di Indonesia menggunakan aplikasi WhatsApp dengan berbagai grup dihandphonenya, baik grup pekerjaan, keluarga, teman maupun yang lainnya.

Bagi yang memiliki banyak grup di layanan perpesanan online WhatsApp saat ini sebaiknya hati-hati jika masih ingin menggunakan aplikasi tersebut. Hal itu lantaran saat ini WhatsApp menyaring nama grup yang dinilai mencurigakan dan memblokir grup tersebut. Bahkan bukan hanya grupnya saja yang diblokir secara permanen, namun anggota grup tersebut juga diblokir permanen.

Example 300x600

Banyak laporan kejadian pemblokiran dari WhaatsApp untuk grup yang berkesan ilegal, seperti laporan dari pengguna komunitas Reddit dengan nama akun Mowe11 yang menceritakan bahwa seorang temannya menjadi anggota salah satu grup WhatsApp kampusnya yang memiliki nama grup terkesan ilegal.

Grup tersebut pada akhirnya diblokir otomatis dan seluruh anggotanya dilarang menggunakan aplikasi WhatsApp.

Selain Reddit, Fransisco Alfaro juga mengklaim bahwa grup WhatsApp di sekolahnya juga diblokir, ia dan 100 anggota grupnya mendapat larangan permanen menggunakan aplikasi WhatsApp tersebut.

Satu lagi laporan lain dari PiTiXX yang mengatakan sejak temannya mengubah nama grup WhatsApp yang mengandung kata-kata berbahaya, semua akun anggota pada grup tersebut telah ditangguhkan.

Terakhir dari cuitan di Twitter yang mengatakan ia dilarang untuk menggunakan WhatsApp karena tergabung dalam Grup WhatsApp dengan nama yang ilegal sehingga harus menggunakan nomor lain agar dapat mengakses WhatsApp.

Pelarangan ini pun tak memberikan alasan kepada mereka yang diblokir, mereka pun menghubungi WhatsApp namun hanya diberikan balasan otomatis yang mengatakan bahwa mereka telah melanggar ketentuan layanan WhatsApp, dan WhatsApp tak memberi solusi lain supaya mereka yang diblokir masih tetap bisa kembali mengakses.

Seperti ilansir detikINET dari Gizchina, sayangnya belum diketahui pasti bagaimana cara WhatsApp mengidentifikasikan nama grup yang mencurigakan tersebut. Namun hal tersebut tampaknya dipengaruhi dengan grup yang sudah lama berdiri dan banyaknya peserta, jika grup tersebut diberi nama yang berkesan jahat.

Kejadian ini menjadi peringatan bagi semua pengguna WhatsApp agar tidak sembarangan menamai grup meskipun hanya untuk gurauan, sebab bisa berakibat fatal.

Penulis : Red

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *