itoday.id | JAKARTA . Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) yang dipimpin Michael Umbas sebagai ketua umum turun langsung ke rumah-rumah warga membagikan paket bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 di masa PPKM darurat.

“Aksi sosial kemanusiaan ini merupakan gerak cepat menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo untuk gotong royong dan saling membantu di masa pandemi,” kata Michael Umbas melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Presiden Jokowi, katanya, sudah memberi contoh dengan datang langsung ke rumah-rumah warga memberikan bantuan. Hal itu bukti komitmen dan aksi nyata untuk menyelamatkan rakyat saat situasi berat.

“Kami sebagai relawan beliau, wajib mendukung dengan ikut terjun menyerahkan bantuan,” kata Michael Umbas.

Relawan Joko Widodo tersebut mendorong seluruh masyarakat untuk saling bergotong royong dan melakukan aksi nyata guna memperkuat solidaritas kemanusiaan di tengah pandemi COVID-19.

Penyerahan bantuan oleh relawan Jokowi tersebut dilakukan di pemukiman pemulung Kampung Dukuh, Gandaria, Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Bantuan yang diberikan meliputi paket sembako, makanan siap saji, obat dan vitamin, masker dan hand sanitizer.

Sambil menyerahkan bantuan, Umbas yang juga Ketua Yayasan Hati Indonesia mengajak masyarakat untuk tetap semangat dan selalu waspada terhadap penularan COVID-19 serta meminta mengikuti program vaksinasi pemerintah.

“Mari kita lawan pandemi ini dengan perketat protokol kesehatan, ikuti anjuran pemerintah dan ikut vaksinasi,” kata Umbas.

Sebelumnya, pada Kamis (15/7) Presiden Joko Widodo melakukan blusukan ke rumah warga di Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, sekitar pukul 20.52 WIB.

Presiden Jokowi memberikan langsung bantuan sembako bagi masyarakat yang membutuhkan. Selain paket sembako, saat blusukan tersebut Presiden juga membagikan paket obat dan vitamin untuk masyarakat yang melakukan isolasi mandiri.(*)