Itoday.id | JAKARTA – Pemerintah Indonesia dan badan sepak bola dunia atau FIFA akan bersama-sama menyelenggarakan Piala Dunia U-20 di tanah air.

Informasi tersebut sebagaimana disampaikan Presiden FIFA, Gianni Infantino usai melakukan pertemuan dengan Presiden RI, Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

“Tahun depan kita akan menyelenggarakan bersama-sama untuk Piala Dunia FIFA U-20, ini adalah kompetisi sepak bola terpenting setelah Piala Dunia,” kata Infantino.

Selanjutnya Infantino dan Presiden Jokowi juga berdiskusi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Menteri BUMN Erick Thohir selama 1,5 jam di Istana Merdeka, terkait masalah persepakbolaan Indonesia.

“Piala Dunia berikutnya akan dimulai bulan depan di Qatar tetapi setelahnya adalah Piala Dunia U-20 di mana pemain terbaik di dunia akan datang ke Indonesia. Cahaya dan bakat mereka akan bersinar dari Indonesia ke seluruh dunia sehingga melalui hal itu kita perlu menata stadion dan manajemen stadion agar pertandingan berjalan lancar karena kita akan memproyeksikan citra Indonesia ke dunia,” kata Infantino.

Infantino berharap Indonesia dikenal bukan karena tragedi sepak bola tapi sebagai negara yang mempunyai visi bahwa generasi mudanya mencintai sepak bola, dan ingin merasakan sepak bola bersama dunia.

“Karena sepak bola tentu berarti kegembiraan dan kebahagian dan dengan menyelenggarakan Piala Dunia U-20 bersama tahun depan akan menjadi kesempatan untuk mempromosikan Indonesia pada masa depan, mulai dari momen tersebut,” paparnya.

FIFA, menurut Infantino, akan memastikan Indonesia tidak hanya menjadi tuan rumah seperti tuan rumah G20 dan menjadi salah satu negara terkemuka di bidang ekonomi, tapi juga dalam bidang sepak bola.

“Menjadi episentrum sepak bola, bukan hanya di bidang ekonomi. Episentrum sepakbola di dunia tentu ada di sini, di Indonesia. Dari tahapan inilah kami ingin membuat permainan sepak bola berkembang ke seluruh bagian dunia. Sekali lagi saya ingin menegaskan bahwa kami hadir di sini untuk tinggal,” kata Infantino.

Sementara Presiden Jokowi mengatakan, penyelenggaraan Piala Dunia U-20 masih akan dibicarakan lebih lanjut. “Yang stadion tadi khusus yang di Kanjuruhan, Malang, akan kita tangani dari pemerintah pusat, sedangkan untuk yang lain-lain investasi apa nanti secara detail, akan kita bicarakan lagi, mungkin di Qatar, atau mungkin di Bali bulan depan atau di Qatar juga nanti saat Piala Dunia karena saya diundang secara khusus,” kata Presiden Jokowi.

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 berdasarkan rapat Dewan FIFA di Shanghai, China, pada 24 Oktober 2019.

Namun ajang tersebut ditunda selama dua tahun lewat keputusan pada 24 Desember 2020 akibat pandemi COVID-19 yang tengah melonjak.

Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni tahun depan diikuti 24 negara peserta termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

FIFA hingga saat ini belum mengkonfirmasi stadion mana saja yang akan dipakai, tapi Indonesia telah mengajukan enam arena yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Jakabaring (Palembang, Sumatera Selatan), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung, Jawa Barat), Stadion Manahan (Solo, Jawa Tengah), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya, Jawa Timur), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).(Red)