itoday.id, Banyumas | Dinas Sosial Kabupaten Banyumas melalui Tagana menggelar simulasi Gladi Lapang Penanggulangan Bencana Alam, Pramuka Peduli Kwartir Cabang Banyumas dalam giat sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana alam, Minggu (03/11/2019).

Kegiatan ini di ikuti para pelajar SMK se-Kabupaten Banyumas secara perwakilan. Salah satu peserta Dava prasetya siswa SMK 2 Purwokerto menuturkan, “mengikuti kegiatan ini sangat senang dari yang semula tidak tahu menjadi tahu bagaimana menejemen penanganan bencana banjir, tanah longsor, orang tenggelam, kebakaran serta bencana lainya. setelah mengikuti kegiatan ini di harapkan kami menjadi provesional dalam memenejemen bencana.”

Pantauan Reportase.tv dilokasi, pelaksanaan giat dilaksanakan di Embung Kanoman Desa Pandansari Kecamatan Ajibarang. Tagana Banyumas melakukan gladi skenario simulasi bencana alam banjir dan tanah longsor.

Kordinator Tagana Adi Candra menjelaskan, “kegiatan ini merupakan siaga bencana yang meliputi korban di air mau pun didarat hingga di bawa ke posko kesehatan yang disediakan. dalam kegiatan pelajar dan pramuka peduli ini sudah siap jika turun dilapangan sesuai koaster BNPB.”

Adi menambahkan,”para peserta selain dibekali dengan menejemen resiko baik resiko yang ditimbulkan dari bencana mau pun resiku yang timbul dari tim penyelamat itu sendiri. Ada juga komunikasi radio bagaimana mereka berkomunikasi ketika ada bencana serta pelatihan penyelamatan dan pertolongan korban bencana melalui pelatihan ini. Antusias pelajar cukup bagus dan rencananya tidak hanya di gelar di Kecamatan Ajibarang saja, semua Kecamatan akan di gelar pelatihan yang sama.”

“Dipilihmya Embung kanoman dijadikan kawasan simulasi bencana, karena wisata edukasi ini sangat tepat ada kolam air yang dilengkapi perahu jukung serta lahan untuk mendirikan tenda untuk posko, pertanian serta perlengkapan lainya. selain strategi, lokasi wisata embung kanoman untuk pelaksanaan giat simulasi korban tenggelam.” Kata Adi kepada Reoprtase.tv

Kegiatan program penanggulangan bencana anggota Tagana lakukan proses pra simulasi, dalam giat sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana, Siaga Bencana (KSB) tahun 2019. Dengan kesiap siagaan para pelajar diharapkan dengan adanya serangkaian kegiatan yang dilakukan melalui KSB ini untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna.

Penulis : Adt