itoday.id, Banyumas | Memasuki musim penghujan, fenomena kemunculan hewan melata jenis ular kobra, terjadi hampir di setiap daerah. kali ini muncul di wioayah Kabupaten banyumas.

Warga Desa Kranggan RT 05/02, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (25/12/2019), digegerkan seekor ular kobra masuk ke pemukiman warga.

Pemilik Rumah Sudarno menuturkan,”ular kobra tersebut ada di belakang rumah di bawah tumpukan kayu.” karena takut, Sudarno lari dan kemudian meminta tolong ke warga serta kepala desa yang kebetulan rumahnya berdampingan.

“Saya kaget bercampur takut pertama kali melihat ular kobra itu. Selama ini banyak diberitakan ular kobra apabila menggigit dan terkena semburan bisa mati.” Katanya.

Kepala desa kranggan Romli mengatakan, pihaknya menindaklanjuti laporan warga, pihaknya segera melaporkan ke mapolsek Pekuncen, mengundang petugas damkar dari kabupaten Brebes serta pawang ular. Mereka kemudian mendatangi lokasi penemuan ular kobra yang ada di bekang rumah Sudarno.

“Keberadaan ular kobra yang kebetulan sudah terlihat ini sangat membahayakan warga saya, sehingga saya langsung mengundang para ahli yang bisa menangani. Kepala desa menghimbau untuk waspada terhadap keberadaan ular terutama ular kobra dan segera melaporkan karena memasuki musim penghujan.” Tutur kepala desa.

Pawang ular dibantu petugas damkar melakukan penangkapan seekor ular kobra di pemukiman warga. Sebelumnya, penangkapan dilakukan dengan pembersihan tumpukan kayu yang ada di belakang rumah. Ular tersebut terlihat dan tak lama kemudia mereka melakukan penangkapan di lorong kayu.

Ular kobra yang tertangkap warga, berukuran cukup besar dengan panjang kurang lebih 2,5 meter.

Warga sekitar bernama kuslili mengatakan, ular tersebut ditangkap warga karena masuk pemukiman. Beruntung, tidak ada yang menjadi korban gigitan hewan berbisa tersebut.

setelah berhasil ditangkap, ular kobra tersebut dimasukan ke karung dan selanjutkan akan dilepaskan ke perkebunan bambu yang jaraknya cukup jauh dari pemukiman warga.

“Kasihan sama ularnya, kita lepaskan lagi ke perkebunan bambu. Sepertinya, memang disana tempat bersarang ular tersebut,” katanya.

“Setelah indukanya tertangkap, satu ekor anak ular kobra berhasil ditemukan dan ditangkap di antara tumpukn kayu. diduga anakan ular masih banyak yang masih bersembunyi di tumpukan kayu dan sekaligusmenjadi sarang ular kobra.” Ungkapnya.

Penulis : Red