itoday.id, Bekasi | Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek). Dengan peresmian tersebut, jalan tol layang sepanjang 36,4 km tersebut siap beroperasi untuk mendukung Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Tol Layang Japek berada di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek), membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500). Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Japek, sementara kendaraan tujuan jarak jauh terutama golongan I dan II menggunakan Tol Layang Japek.

Presiden Jokowi menyatakan rasa syukurnya atas selesainya pembangunan Tol layang Japek yang diyakini akan mengurangi kemacetan. “Alhamdullilah Tol Layang Japek ini ,” ujar Jokowi di Bekasi, Kamis (12/12/2019).

Jokowi juga  memuji pembagunan jalan tol layak ini, menurutnya sangat luar biasa karena tidak mudah dilakukan. “Ini karena prosesnya lebih rumit jalan Tol Japek Elevated 2 ini karena kan diapit pembanguan LRT dan kereta cepat. Ini enggak gampang diselesaikan karena di tengah lalu lintas 250.000 kendaraan dan pembangunannya di atas diharapkan bisa mengurai kemacetan,” jelasnya.

Sementara itu, dari hasil pantauan SINDOnews, keadaan aspal di jalan tol layang ini cukup bagus meski masih ada beberapa ruas yang tidak rata dan belum terlalu mulus. Jalan tol layang ini tidak memiliki tempat istirahat hingga keluar tol.

Namun, jalan tol layang ini dilengkapi 8 akses jalur darurat yang terhubung dengan setiap simpang susun (interchange) di jalur yang telah ada. Tujuannya agar ketika ada kondisi darurat ada akses evakuasi lewat interchange yang dilengkapi tangga ke bawah. Kedelapan titik tersebut ada di KM 13, 17, 21, 24, 28, 31, 36 dan 38.