itoday.id, Jakarta | Tiga orang yang sedang melakukan penyelaman di Pulau Sangiang, Selat Sunda, Banteng, diduga hilang, Minggu sore. Tim penyelamatan bawah air Indonesian Divers Rescue Team (IDRT) mulai diaktifkan membantu Basarnas melakukan pencarian.

Tiga orang penyelam yang hilang itu, adalah warga negara China bernama Tian Yu, Qin Xue Tao dan Wang Bing Yang. Ketiganya menyelam di sekitar di Pulau Sangiang, Selat Sunda, Banten.

Berdasarkan informasi, ketiga WNA itu berangkat dari Pantai Mabak di Merak bersama 4 orang temannya pada Minggu (3/11/2019) pagi. Setelah sampai di Pulau Sangiang, mereka menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut.

Informasi yang dirilis rekan korban, You Shijie, ada enam penyelam yang menyelam di sisi Pulau Sangiang yang menghadap Kota Anyer sekitar 13.30 WIB. Namun sekitar pukul 14:45 WIB satu tim penyelam naik ke permukaan, dan tim kedua tidak naik ke permukaan. Mereka kemudian mencari tim kedua sekitar pulau itu, dan tidak menemukannya hingga sore hari.

Nelayan setempat mengatakan bahwa mereka melihat para penyelam itu sempat muncul ke permukaan pada waktu yang bersamaan, kemudian mereka menghilang diduga terbawa arusnya sangat kuat.

“Kami kira mereka didorong ke laut biru ke selatan, kami mencoba mencari mereka tetapi kami hanya punya perahu kecil, ombaknya terlalu kuat,” tulis You Shijie.

Kantor Basarnas Provinsi Banten mengkonfirmasi berita ini.

“Iya, 3 WNA itu, WN Tiongkok. Lagi selam kemarin, kan dibagi dua tim dari 6 orang, 3 muncul 3 lagi sempet muncul tapi kebawa arus,” kata Kasubsi Ops Basarnas Banten, Heru Amir saat dikonfirmasi, Senin (4/11/2019).

Lokasi kejadian disekitar koordinat 5°57’46″S – 105°45’58″E, atau berjarak 27 Km dari Kantor Basarnas Banten.

Penulis : Adt