itoday.id, Medan | Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menggelar tes urin kepada para personel Polda Sumut dalam rangka kegiatan ketertiban dan disiplin (Gaktibplin) di tubuh Polri, Senin (11/11). Hasilnya ada 10 personil Poldasu yang positif diduga mengkonsumsi narkoba.

“Selain pemeriksaan tes urin, kita juga melaksanakan pengecekan identitas kelengkapan personel Polda Sumut,” kata Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan.

Nainggolan menjelaskan bahwa dalam pemeriksaan tes urin itu, sebanyak 208 personel ikut dalam pemeriksaan tersebut.

“Dari jumlah itu, personel yang ditemukan terindikasi Narkotika dan zat terlarang/Adiktif berjumlah 30 personel,” jelasnya.

Namun, setelah tim Biro Provos Divpropam Polri dan Tim Pusdokkes Mabes Polri mendalami hasil pemeriksaan tes urin tersebut, ditemukan petugas yang terindikasi narkoba.

“Setelah dilakukan pendalaman terdapat 10 personel terindikasi narkoba dan akan dilakukan tindak lanjut proses Pemeriksaan Subbidprovos Bidpropam Polda Sumut terhadap dugaan pelanggaran disiplin,” ungkap Nainggolan.

Nainggolan menambahkan bahwa selain tes urin, pihaknya juga melakukan pemeriksaan Gampol dan Sikap Tampang. Dimana, ditemukan personel yang tidak sesuai dengan ketentuan.

“Ada 30 personel dengan rambut dan Gampol dinas yang tidak sesuai dengan ketentuan serta diberikan tindakan dengan dilakukan pemotongan rambut dan teguran terhadap tata cara pemakaian atribut dan Gampol Polri,” tambahnya.

Penulis : Red