itoday.id | SERANG . Walikota Tangerang Arif Wismansyah resmi menyerahkan seritifikat tanah asrama haji kepada kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten Anang Faturohman di salah satu hotel di Kota Serang, Senin (30/8/2021).

Harapannya penyerahan sertifikat tanah dapat mempercepat pembangunan asrama haji di wilayah Cikepuh, Kecamatan Cikepuh, Kota Tangerang.

“Terima kasih kepada walikota Tanggerang, sehingga penyerahan sertifikat berjalan baik dan lancar. Karena ini perdana, Banten akan resmi memiliki asrama haji. Jadi setelah ini pembangunan asrama segera dilakukan. Jadi jemaah haji gak harus ke Pondok Gede lagi,” kata Anang usai penyerahan sertifikat.

Sementara itu, Walikota Tangerang Arif Wismansyah berharap pembangunan asrama haji dapat mempermudah akses para jamaah haji di wilayah Banten. “Jadi dengan adanya asrama ini akan mempermudah jemaah haji. Lokasinya di Kecamatan Cipondoh, itu lokasinya strategis 5 -10 dari pintu tol, jadi aksesnya gak sulit,” ucapnya.

Ia menjelaskan pihaknya hanya menyediakan lahan yang luasnya 4.4 hektar. Mudah mudahan bisa bermanfaat untuk pembuatan asrama haji untuk warga Banten. Karena selama ini jemaah haji kebanyakan dari Kota Tanggerang.

“September sudah mulai pematangan lahan dari kementerian agama. Kami juga sosialisasi kepada masyarakat sekitar, dan alhamdulilah masyarakat juga antusias. Mudah mudahan tahun depan sudah ada pembangunan asramanya. Sehingga tahun depan haji dibuka sudah ada asramanya,” ujarnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan haji dan umroh Machdum Bachtiar berharap pembangunan asrama haji berjalan lancar. “Anggaran haji tahun 2021 ini berasal dari APBN. Tahun ini anggaranya untuk pembangunan jalan, pematangan lahan dan pemagaran lahan sebesar Rp10 M, nanti untuk 2022 baru kita membangun asrama sebesar Rp4,5,” ucapnya. (*)