itoday.id | Serang – Walikota Serang Syafrudin mengajak masyarakat untuk mencintai Nabi Muhammad, Ulama hingga para Kiai. Menurutny, peran Nabi Muhammad SAW, beserta para kiai sangat penting dalam menuntun umat kepada ajaran yang benar, untuk menciptakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdaulat.

Hal itu diungkapkan Walikota Serang Syafrudin di sela-sela Istighotsah Kebangsaan, Maulid Nabi Muhammad SAW, serta Haul Tuan Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani, sekaligus Harlah Jam’iyyah Da’i Banten (JADAB) ke 3 di halaman Puspemkot Serang, Sabtu.

Syafrudin mengatakan, masyarakat harus lebih mencintai Nabi Muhammad SAW, Ulama, hingga Kiyai. Sebab wasilahnya lah kita dituntun menjadi umat Islam, orang baik, dan berakhlak mulia. “Maka kita perlu mengingat hari lahir dan wafatnya Nabi Muhammad SAW, dan juga Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani yang merupakan waliyullah yang sama juga memberikan tuntutan kepada kita,” katanya.

Begitu pun cinta terhadap Kiai, sebab keberadaannya mengajarkan masyarakat untuk beradab, menghasilkan anak yang berkualitas, hingga meningkatkan SDM. “Ini tentu adanya peran serta dari Kiyai dan Pondok Pesantren khususnya yang ada di Kota Serang, Insyallah kita akan masuk surga, karena jalannya dari para Kiyai,” terangnya.

Syafrudin mengaku di Kota Serang terdapat kurang lebih 200 Pondok Pesantren beserta Kiyai, hal ini menunjukan masyarakat Kota Serang cinta akan keberadaan Kiai, Ulama, Nabi Muhammad SAW, dan NKRI. “Belum lagi adanya majelis taklim yang banyaknya hampir sama dengan Pondok Pesantren,” ungkapnya.

Ketua JADAB, KH Matlubi Ariman Anwar mengatakan, kegiatan Istighosah tersebut merupakan bagi dari silaturahmi sesama da’i yang ada di Provinsi Banten. “Tujuan kegiatan ini untuk mempererat dan memperkuat keberadaan da’i yang ada di Provinsi Banten,” katanya.

Ia berharap agar keberadaan para da’i ini dapat benar-benar diakui oleh masyarakat, sekaligus juga menciptakan kaderisasi JADAB dengan baik. “Mudah-mudahan keberadaan kami khususnya untuk masyarakat Kota Serang dan isntansi pemerintah benar-benar diakui dan dapat bersinergi ke depannya. Dalam waktu dekat ini kami juga akan melaksanakan pengukuhan pengurus JADAB di wilayah Provinsi Banten,” terangnya.

Marketing Manager, PT Herba Utama Frendi P Rachman mengatakan, sebagai wujud kepedulian maka pihaknya mengikuti berbagai kegiatan keagamaan, dan berkesempatan berkolaborasi dengan JADAB dan Walikota Serang.

“Dimasa pandemi seperti ini kita memang perlu bahu membahu meringankan beban masyarakat, karena masyarakatlah yang paling banyak terkena dampaknya dari kondisi saat ini, oleh karena itu saya selaku Wali Kota serang mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas kepedulian PT Herba Utama, untuk berkolaborasi,” katanya. (*)