itoday.id | Kota Serang – Melalui Bagian Pemerintahan Setda Kota Serang menggelar acara rapat koordinasi natal tahun 2023 dan tahun baru 2024, bertempat di aula Lt 1 Setda kota Serang, Sabtu (23/12/2033).

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Amas Tajudin mengatakan, natal dan tahun baru ini merupakan kegiatan rutinitas tahunan yang dilaksanakan oleh saudara-saudara non muslim di setiap wilayah di Indonesia.

Stabilitas keamanan dan ketertiban, lanjut Amas Tajudin, tentunya perlu dikedepankan oleh semua elemen masyarakat.

“Baik oleh TNI-POLRI, organisasi masyarakat ataupun kita Selaku masyarakat sipil,” ucap Amas Tajudin.

“Oleh karena itu, dalam pelaksanaan natal tahun 2023 dan Tahun baru 2024 bagi yang menjalankannya bisa dengan nyaman, aman dan khidmat,” imbuhnya.

Selanjutnya, perwakilan Kemenag kota Serang yang pada kesempatan ini diwakili oleh kasubag TU kemenag Kota Serang Deni Rusli menambahkan, kota Serang ini adalah salah satu kota yang elegan yang ada di provinsi Banten.

Kondisi ini, lanjut Deni Rusli, terbukti dengan adanya bangunan-bangunan peribadatan di tengah-tengah kota atau alun-alun yang berdampingan sudah sejak dulu.

“Ini bukti kelegaan yang ada di kota Serang, dengan adanya masjid dan gereja yang berdampingan sejak dulu,” ucap Deni Rusli.

“Sehingga terlihat oleh masyarakat yang ada di kabupaten/kota yang ada di provinsi Banten, di kota Serang dalam peribadatannya selalu berjalan aman, nyaman dan khidmat,” imbuhnya.

“Dan senantiasa melakukan Optimalisasi dan penguatan terhadap organisasi kemasyarakatan (ormas) terhadap toleransi dan ukhuwah persatuan, kerukunan antar umat beragama,” tutup kasubag TU kemenag Kota Serang Deni Rusli.

Kemudian, Kabag Ops Polresta Serang Lis Handaya menambahkan bahwa pihak Polresta sudah menyiapkan 8 titik Pos Pengamanan untuk persiapan Natal dan Tahun Baru 2024.

“Kami sudah menyiapkan pos pengamanan, disana meliputi beberapa unsur gabungan nantinya di situ difokuskan untuk dari baik dari Dinas Kesehatan dari dinas Satpol PP, kemudian disebut mendarat mungkin dari gabungan juga Basarnas atau anak anak Pramuka dan yang lainnya,” jelas Lis Handaya.

Sekretaris daerah kota Serang Nanang Saefudin bertindak sebagai pimpinan rapat, dalam sambutannya Nanang mengatakan bahwa Kota Serang sudah bersiap untuk persiapan Natal dan Tahun Baru.

“Dalam menghadapi Natal dan tahun baru, Kita sudah siap secara keseluruhan baik itu Infrastruktur pos, pos kemarin 7 ditambah satu lagi,” ucap Nanang.

“Serta dalam pengamanan khusus untuk malam natal, Kita sudah membatasi beberapa gereja yang ada di Kota Serang,” imbuhnya.

“Sangat menghormati toleransi beragama yang ada di Kota Serang, Kita berikan kenyamanan saudara kita yang melakukan beribadah sesuai dengan keyakinan dan penuh dengan suka cita,” tutup Nanang. (*)