itoday.id, Jakarta | Sejumlah titik di jalan Tol Jakarta-Cikampek dari arah Jakarta menuju Cikampek wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terpantau padat menjelang  liburan Natal dan Tahun Baru pada Minggu pagi hingga siang.

Pantauan ANTARA, Sabtu, kepadatan kendaraan di antaranya terjadi di sejumlah titik menjelang rest area serta di titik pertemuan arus jalan Tol Jakarta-Cikampek dan jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (elevated).

Banyaknya pengguna jalan yang akan ke rest area mengakibatkan antrean panjang. Sehingga arus lalu lintas menjelang rest area sempat tersendat.

“Hampir setengah jam terjebak antrean menuju rest area,” kata Supri, seorang pengendara yang antre masuk ke rest area kilometer 57 jalan Tol Jakarta-Cikampek, Minggu.

Ia mengaku harus masuk ke rest area kilometer 57 karena sudah lelah setelah membawa kendaraannya dari Tangerang.

“Tidak apa-apa antre, yang penting bisa masuk rest area untuk istirahat sebentar,” katanya yang mengaku akan mengisi liburan sekolah di kampung halamannya di Pekalongan.

Selain di titik menuju rest area, kepadatan juga terjadi di kilometer 48. Kepadatan terjadi akibat pertemuan arus antara kendaraan yang melintas dari jalan Tol Japek Elevated dengan kendaraan dari jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah.

Sementara itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 63.014 kendaraan telah melintasi Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama.

“Jumlah ini meningkat 87,83 persen dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 33 ribu kendaraan,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru di Jakarta.

Jasa Marga juga mencatat lalu lintas tertinggi yang melintasi GT Cikampek Utama pada Sabtu (21/12) adalah pada pukul 10.30-11.30 WIB yang mencapai 3.500 kendaraan.

Dalam periode mudik Natal 2019 selama dua hari (20-21 Desember 2019), jumlah kendaraan yang telah melintasi GT Cikampek Utama adalah sebesar 49 persen dari total volume lalu lintas yang diprediksi.

Masih terdapat sebesar 51 persen atau sebanyak 119 ribu kendaraan yang diprediksi akan melintasi GT Cikampek Utama hingga 24 Desember 2019.

Penulis : Red