itoday.id, Jakarta | Dalam masa pandemi Covid-19 dan dampak yang ditimbulkannya masih belum berakhir. Ketua Umum Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Hariyanto Suwarno mendukung Pemerintah dalam menangani masa pandemi Covid 19 serta membantu penegakan kedisiplinan protokol kesehatan di tengah masyarakat.

“Kita siap mendukung kebijakan pemerintah dalam hal menangani masa Pandemi COVID-19 saat ini, harapkan semuanya bekerja terintegrasi. Kita harapkan rantai penularan Covid-19 cepat terputus dan krisis ini segera selesai,” kata Hariyanto.

Dengan adanya Masalah perdagangan manusia (Human Trafficking) menyatakan, siap membantu pihak kepolisan dan pemerintah dalam hal pencegahan dalam menangani masalah kasus TPPO atau perdagangan manusia.

“Kita akan selalu siap membantu Kepolisan dalam hal penanganan dan pencegahan kasus TPPO di wilayah Hukum Nasional,” katanya.

Perdagangan manusia (human trafficking ) berkaitan erat dengan hubungan antar negara, karena perdagangan tersebut biasanya dilakukan di daerah perbatasan negara dan modus operasi yang dilakukan adalah pengiriman ke berbagai negara penerima seperti ke negara Asean dan Timur Tengah.

“Lemahnya penjagaan dan keamanan daerah perbatasan menjadikan faktor utama perdagangan manusia, sehingga dengan mudah seseorang dapat melakukan transaksi perdagangan orang tersebut,” ungkapnya.

Lanjut ia akan mendukung proses upaya percepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat serta membantu pemulihan ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju dan pemerintah harus hadir dalam penanganan Buruh Migran Indonesia yang bermasalah.

“Kami siap membantu kepolisan dan pemerintah dalam hal pencegahan dan penanganan kasus TPPO dan mendukung proses upaya percepatan penanganan Covid-19,”pungkasnya.

Penulis : Red