itoday.id, Banyunas | Berbagai cara dilakukan santri untuk menyambut Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober ini. Di salah satu pondok pesantren di Banyumas, Jawa Tengah, menggelar pertandingan sepak bola api dan atraksi silat Pagar Nusa. Kegiatan olah tubuh ini sebagai simbol kekuatan santri.

Santri ponpes Tahfiz Raudlatul Huda Desa Tiparkidul Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Jawa Tengah sambut datangnya Hari Santri Nasional dengan menggelar pentas seni diantaranya silat Pagar Nusa serta sepak bola api antar santri.

Pertunjukan silat Pagar Nusa digelar di atas panggung dengan berbagai atraksi seperti tangan kosong, golok, tongkat, toya, wiraloka Pagar Nusa serta wiraloka ganda.

Usai pertunjukan silat, para santri berkumpul di halaman pondok untuk persiapan menggelar pertandingan sepak bola api. Pertandingan sepak bola api ini dilakukan dengan menggunakan bola api yang terbuat dari kain yang dibakar. Bola api yang mereka mainkan ini sebelumnya telah direndam kedalam minyak tanah.

Kobaran api pada bola ini membuat permainan semakin seru. Tepuk sorak para santri yang berdiri mengelilingi arena pertandingan sepak bola api menambah semangat para pemain bola api ini.

Salah satu santri, Kian gilang ramadhan, mengaku, “persiapan tim saya berdoa serta sholawat dan syahadat sehingga kita diberi kesehatan dan keselamatan. Permainan sepak bola api juga mengasyikan hanya saja saya masih grogi. Harapan kedepan hari santri bisa meningkatkan kualitras santri kita ahlak kita takdim kepada kiyai. Sehingga kita menjadi santri sukses dunia akhirat.”

Ketua Panitia, zidana Algowi Wahab Menuturkan, “kami sebagai panitia pondok pesantren Tahdikrulquran Radlitulhuda desa Tiparkidul Ajibarang, kami menggelar hari santri mengelar pentas seni diikuti oleh seluruh santri, baik santri pria dan wanita. Salah satunya silat Pagar Nusa, menunjukan atraksi antara lain tangan kosong, golok, toya, wiraloka Pagar Nusa dan wiraloka ganda. Acara terakhir menggelar sepak bola api.”

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional ini kali pertama dilakukan Ponpes Tahfiz Raudlatul Huda desa Tiparkidul kecamatan Ajibarang. Kemeriahan dan semangat para santri inilah yang membangkitkan tradisi baru di pondok pesantren tersebut.

Diselenggarakanya kegiatan ini adalah untuk membina mental dan fisik santri agar tetap semangat dalam menyambut hari santri nasional yang jatuh pada 22 oktober.

Penulis : Red