itoday.id, Bulakumba | Generasi Pesona Indonesia (GenPI) sukses melaksanakan Familiarization Trip (Famtrip) di Kabupaten Bulukumba, Sulsel. Kegiatan tersebut dihadiri puluhan komunitas pemuda dan pecinta alam dengan mengangkat tema “Mengutip Sejarah dan Keindahan Bulukumba di Era Digital”.

Famtrip ala GenPI ini sekaligus menjadi ajang memperkenalkan alias mempromosikan keindahan destinasi wisata yang ada di Bulukumba. Dalam pelaksanaanya, para peserta Famtrip melakukan kunjungan di empat destinasi wisata selama dua hari pada 9-10 November lalu.

Empat destinasi yang didatangi yakni pembuatan Perahu Paddewakkang, yang nantinya mengikuti rangkaian kegiatan Paddewakkang di Aborigin Australia. Pantai Tanjung Bira sekaligus menjadi lokasi camp kegiatan Famtrip Genpi 2019. Selain itu, Pantai Ujung Tiro menjadi trip terakhir para peserta dan panitia, dan kegiatan Famtrip ditutup di Pinisi Park, Kota Bulukumba.

Dalam kegiatan tersebut, peserta Famtrip dan panitia melakukan sesi diskusi dan pemberian materi dari salah satu sejarawan Bulukumba, terkait wisata yang menjadi kunjungan. Salah satunya, informasi terkait destinasi wisata Titik Nol Sulawesi yang berada di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba.

Kadis Pariwisata Bulukumba, Ali Saleng, juga turut hadir dalam memberikan materi tentang wisata Bulukumba. Melalui kegiatan tersebut, Ali Saleng berharap besar kepada peserta Famtrip agar lebih banyak mengetahui sejarah dibalik keindahan wisata di kabupaten berjuluk Butta Panrita Lopi itu.

“Tidak hanya sekedar menjadi penikmat namun juga harus menjadi promotor-promotor wisata milenial yang kreatif dan informatif untuk seluruh wisatawan yang berkunjung,” katanya, Jumat (15/11/2019).

Ketua GenPI Bulukumba, Ryan, mengaku jika tujuan utama famtrip adalah memperkenalkan wisata sekaligus mengedukasi peserta tentang objek wisata melalui promosi sosial media. Dalam kegiatan Famtrip yang diselenggarakan oleh GenPI Bulukumba, selain agenda trip wisata, penerimaan materi seputar wisata digital, outboand dan lain-lain.

“GenPI juga menyelenggarakan kompetisi lomba fotografi. Pada kompetisi tersebut peserta diajak untuk memotret suasana keindahan di empat titik wisata yang dikunjungi,” ungkapnya.

Penulis : Red