itoday.id, Serang | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang punya cara berbeda dalam memperingati Hari Ibu. Yakni dengan menggali langsung pengalaman serta inspirasi dari pimpinan tertinggi Kabupaten Serang, Bupati Ratu Tatu Chasanah. Kemudian mengundang para ibu-ibu lanjut usia (lansia) untuk bergembira bersama para pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) dari kalangan perempuan.

Tatu selaku Bupati Serang diminta menjadi pembicara talkshow dan menceritakan pengalaman selaku kepala daerah perempuan, serta bagaimana membagi waktu sebagai seorang ibu dan istri di rumah. “Kita harus bisa melakukan komunikasi yang baik dengan suami dan anak-anak. Sebab untuk perempuan yang mempunyai karir di luar rumah, tantangan besarnya adalah bisa berbagi waktu dan perhatian,” ujar Tatu saat menjadi pembicara.

Ia juga menilai, kepala rumah tangga juga harus bisa memahami pasangannya dan memberikan kesempatan kepada istri agar bisa mengembangkan diri serta menjadi ibu terbaik bagi anak-anaknya. “Ketika keluarga telah memberikan dukungan, maka menjadi kekuatan terbesar untuk para perempuan dalam melakukan aktivitas di luar rumah,” katanya.

Tatu berpesan agar para perempuan memiliki peran dalam pembangunan di Kabupaten Serang. Namun, kata dia, jangan pernah melupakan kewajiban sebagai seorang ibu dan istri. “Saya menginginkan kaum perempuan melakukan lompatan untuk turut serta menjadi yang terbaik di keluarga dan pembangunan Bangsa,” ucapnya.

Ia mengaku meski disibukkan dengan tugas selaku Bupati Serang, setiap hari selalu berkomunikasi dengan keluarga walaupun melalui telepon seluler dan membentuk grup Whatsapp keluarga. Pada akhir pekan atau libur, merupakan waktu terbaik untuk keluarga. “Kebahagiaan juga, saya dibantu jajaran Pemkab Serang yang luar biasa, bisa melayani dan mendapat respon positif masyarakat,” tuturnya.

Pada kegiatan yang digelar Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang tersebut, para perempuan yang hadir menggunakan kebaya. Selain talkshow, berbagai kesenian dihadirkan. Bahkan Bupati Ratu Tatu Chasanah turut berbagai kebahagiaan dan menghibur para ibu-ibu lansia yang sengaja diundang.

Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DKBP3A Kabupaten Serang, Iin Abdillah berharap, dengan peringatan Hari Ibu, menyadarkan masyarakat bahwa pentingnya peran perempuan dalam keseharian. Sehingga, bisa minimalisasi kekerasan terhadap perempuan di Kabupaten Serang. “Jadi ke depannya, tidak ada lagi perempuan yang mengalami kasus kekerasan dan harus kita pahami bahwa sosok perempuan juga memiliki peran dalam pembangunan bangsa,” pungkasnya.

Penulis : Red