itoday.id, Banyumas | Tujuh dalang cilik dari Banyumas dan Cilacap ikuti Pesta rakyat Oemah Tahu Sumedang Tambaksogra, Kecamatan Sumbang, Banyumas Kamis (26/12/2019).

Pesta rakyat yang diselenggarakan oleh Oemah Tahu Sumedang kali pertama digelar khusus untuk pengumjung dan warga Purwokerto dalam bentuk lomba dalang cilik.

Aksi para dalang cilik yang tampil menggemaskan, mampu mengundang kekaguman penonton yang datang menyaksikan lomba. Para dalang cilik terlihat piawai memainkan tokoh-tokoh pewayangan, yang dipadu tembang Jawa.

Kedua tangan sibuk memainkan wayang kulit, sementara dialog dalam bahasa Jawa terus mengalir, seirama dengan penampilan tokoh wayang yang dimainkan.

Ketua Panitia Pesta Kesenian Rakyat, Astri Yana Elsera mengatakan, gelaran pesta kesenian rakyat dilandasi rasa keprihatinan atas minimnya kesempatan untuk menampilkar kesenian-kesenian tradisional.

Padahal, banyak kesenian tradisional yang menarik, bisa mengalihkan budaya dan perhatian anak anak dari kesibukan bermain gadget.

“Awalnya saya ingin mengenalkan Banyumas secara lebih luas lagi, dengan mendatangkan lebih banyak orang ke sini. Sehingga harus ada event, dimana orang akan berdatangan dan akhirnya dipilih pesta kesenian rakyat ini,” kata Astri kepada reportase.tv

Lomba dalang cilik berlangsung Kamis siang sampai sore. Sebanyak 17 orang peserta yang terdiri dari anak-anak yang masuk kualifikasi bisa ditampilkan 7 orang.

Masing-masing dari mereka menampilkan kepiawaiannya selama 30 Menit. Setelah itu akan dipilih untuk juara 1,2 dan 3.

Penulis : Red