itoday.id | Serang – Pemerintah Kota Serang melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Serang gelar RKPD Tahun Anggaran 2025 yang diikuti oleh seluruh unsur pejabat dan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Serang, Senin (25/03).

Kegiatan RKPD tersebur merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan guna mengevaluasi serta merencanakan program-program yang ada di Daerah.

Seperti yang disampaikan oleh Pj Wali Kota Serang usai menghadiri kegiatan RKPD Pemerintah Kota Serang Tahun 2025 agar mengedepankan beberapa program unggulan yang berdampak bagi masyarakat.

“Rkpd ini setiap tahun rutinitas diselenggarakan untuk tahun 2025, kami tekankan didalam rkpd harus konsistensi dalam artian pola perencanaan dan penganggaran saling bersinergi” ujar Yedi.

Selain itu ia juga menyampaikan bahwa dalam beberapa waktu kedepan terdapat beberapa program yang diprioritaskan dalam membangun Kota Serang seperti halnya pembangunan fly over unyur kaligandu yang tidak bisa terselenggara di tahun 2024 agar bisa dilaksanakan di tahun 2025.

“Kedepan program-program prioritas untuk kota serang misalkan untuk pembangunan jalan fly over unyur kaligandu bahwa waktu pelaksanaan yang tidak bisa dicapai di tahun 2024 karena sampai saat ini inpres belum ditanda tangani” tambah Yedi.

“Namun kami juga tidak berkecil hati kami sangat berharap jika fly over itu nanti bisa dilaksanakan di tahun 2025 dan mungkin di dalam apbd tahun 2025 yang akan menjadi prioritas pemkot serang” sambungnya.

Selain itu jl samaun bakri yang setiap hujan sering tergenang, dari depan pasar rau hingga sekitaran lingkungan domba dikarenakan adanya penyempitan sebadan, agar di anggarkan di apbd tahun 2025.

Ia juga mengatakan agar seluruh jajarannya juga menekankan terkait halnya stunting dan kemiskinan yang harus segera di anggarkan dan masuk kedalam RKPD.

Menambahkan hal serupa Kepala Bidang Perncanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Lili Muslihat mengatakan bahwa di Tahun 2025, Pemerintah Kota Serang sedang fokus kedalam beberapa program prioritas

“Program prioritas kami diantaranay seperti halnya peningkatan pelayanan publik, peningkatan spm, pembangunan tematik seperti stunting, kemiskinan ekstream inflasi, investasi dan pengadaan menjadi prioritas, pengurangan tingkat pengangguran, pemenuhan layanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas, pengembangan dan penataan kawasan banten lama, penataan dan revitalisasi pasar dan ukm, ketpang, konektivitas perhubungan dan penerangan jalan umum, pengelolaan persampahan, pengelolaan banjir, pengembangan pariwisata dan ekraft” Ujar Lili.

Adapun untuk pembangunan jalan, fly over unyur kaligandu seperti yang disampaikan oleh Pj Wali Kota Serang sebelumnya, masuk kedalam konektivitas perhubungan dan penerangan jalan umum.

Selain hal itu, Ia juga menambahkan bahwa hasil RKPD yang disampaikan mwrupakan hasil usulan-usulan dari musrenbang tingkat kelurahan, dimana diantaranya terdokus kepada pembangunan.

“Usulan-usulan musrenbang dari kelurahan itu ngag seluruhnya berbentuk fisik, meskipun ada juga beberapa kelurahan yang tidak mendahulukan oeningkatan fisik, namun banyaknya yang saat ini diusulkan adalah bentuk fisik”. Tutur Lili.

“Seperti drainase perbaikan jalan lingkungan, jadi sebagian besar fisik namun ada juga kelurahan yang mengedepankan perkembangan masyarakat” tutupnya.(RED)