itoday.id | Pandeglang – Capaian vaksinasi terhadap masyarakat umum di Kabupaten Pandeglang telah mencapai target, yakni 70 persen dari sasaran 982.497 orang. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) siap menggelar vaksinasi  anak usia 6 – 11 tahun.

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban mengatakan, capaian vaksinasi dosis satu yang ditargetkan Kementerian Kesehatan RI sudah melampaui target. Ini berkat dukungan dari tenaga kesehatan, TNI, Polri, dan rekan-rekan dari perusahaan swasta yang beroperasi di Pandeglang.

“Alhamdulillah target 70 persen vaksinasi tahap pertama tercapai. Sekarang kita sedang mempersiapkan pemberian vaksin untuk anak-anak,” kata Tanto Warsono Arban saat monitoring vaksinasi di UPT Puskesmas Banjar, Selasa (11/1).

Tanto mengakui, masih ada target lain yang harus dicapai Pemkab Pandeglang sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri. Dalam surat tersebut ada rekomendasi bagi kabupaten kota agar capaian vaksinasi dosis kedua mencapai 48 persen dan lansia 60 persen.

“Sekarang  kita kejar untuk memenuhi target tersebut. Sekaligus memberikan vaksin untuk anak-anak,” jelasnya.

Pemkab Pandeglang, kata Dia, terus berupaya memenuhi target vaksinasi melalui program gebyar vaksin dan program vaksin jemput bola dengan mendatangi rumah warga. “Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mempermudah masyarakat yang ingin divaksin,” ungkap politisi Partai Golkar ini.

Dijelaskannya, pemberian vaksin bagi anak-anak dilaksanakan agar kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah di Pandeglang bisa kembali normal. Sehingga pembelajaran tatap muka (PTM) bisa 100 persen dan tidak dibatasi seperti sekarang.

“Karena jika siswa sekolah dasar ini sudah divaksin, maka pemerintah daerah akan memberlakukan pembelajaran tatap muka secara optimal,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Banjar Mujani Nur Efendi mengatakan, program vaksinasi untuk Kecamatan Banjar sudah mencapai target untuk dosis pertama, yaitu mencapai 72 persen, dosis kedua baru 39 persen, dan untuk vaksinasi lansia mencapai 50 persen.

“Saat ini kami mengejar target untuk dosis kedua dikisaran 48 persen sesuai dengan target yang telah ditentukan, yakni dengan terus melakukan gebyar vaksinasi bagi masyarakat dan program vaksin jemput bola ke rumah warga. Semoga target vaksinasi dosis kedua diakhir bulan ini bisa tercapai,” harapnya. (*)