itoday.id, Jakarta | Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pemerintah Indonesia terus mengevaluasi kebijakan penanganan pandemi COVID-19 setiap hari guna memberikan dampak lebih maksimal dalam upaya melawan pandemi.

“Setiap hari kami mengevaluasi kebijakan, mencoba membuatnya dapat diterapkan dan memberikan dampak lebih dalam upaya melawan virus,” ujar Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers melalui video di Jakarta, Kamis.

Menlu mengatakan kebijakan yang diambil pemerintah selalu didasari relevansi dan karakter kebudayaan, kondisi demografi dan ekonomi.

Menlu juga menyampaikan kembali pernyataan Presiden bahwa tidak ada kebijakan atau formula yang dapat diimplementasikan secara pas bagi semua negara.

Menlu mengatakan COVID-19 merupakan tantangan semua negara tanpa terkecuali. Yang penting dilakukan saat ini adalah belajar dari pengalaman negara-negara lain.

Selain itu, kata Menlu, diperlukan kerja sama antara setiap negara untuk menjalankan sejumlah fokus prioritas, yakni mengatasi pandemi, memitigasi dampak ekonomi dan melindungi warga negara.

Penulis : Red