itoday.id | CILEGON . Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Cilegon pastikan keamanan pangan bagi Wargabinaan Pemasyarakatan (WBP) telah terjamin, karenanya peningkatan mutu pangan menjadi prioritas Lapas Cilegon sebagai salah satu layanan kepada masyarakat dalam hal ini ialah warga binaan.

Kalapas Cilegon, Sudirman Jaya didampingi oleh Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik Lapas Cilegon, Muhamad Khapi, melakukan kontrol pertamanya ke Dapur Lapas Cilegon, Kamis (16/21) dengan mencicipi nasi, lauk pauk maupun kontrol kebersihan dapur.

Kegiatan ini dalam rangka memantau kebersihan dapur dan pengolahan makanan yang akan didistribusikan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kasi Binadik, M. Khapi, melaporkan kepada Kalapas bahwasanya Lapas Cilegon sudah bekerjasama dengan Dinas Laboratorium Kesehatan Kota Cilegon untuk menguji klinis makanan yang meliputi pengecekan cemaran kimia pada makanan, pengecekan angka kuman Escheruchia Coli, pengecekan angka kuman pada peralatan makanan, Rectal Swab pada penjamah makanan, uji kelayakan air minum, dan uji kelayakan air pengolah masakan.

“Sebelumnya kita (Lapas Cilegon) sudah melakukan uji klinis makanan dan alhamdulillah kita juga sudah mendapatkan sertifikat laik hygiene sanitasi jasa boga penyelenggara makanan dari Dinas Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan yang bekerjasama Dinas Laboratorium Kesehatan Kota Cilegon,” ungkap Khapi.

Sementara itu Kalapas Cilegon, Sudirman Jaya mengatakan bahwa upaya peningkatan mutu pangan ini dilakukan agar makanan yang diperuntukkan bagi napi bebas dari bahaya cemaran biologis, kimia, dan benda Iain. Sanitasi juga bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir risiko penyebaran virus COVID-19 serta serta menjamin mutu dan keamanan pangan.

“Saya harus pastikan baik makanan, minuman ataupun lingkungan Dapur ini harus benar-benar bersih dan steril, kita pastikan akan terus mengotimalkan pemberian makanan yang sehat dan tepat sesuai waktu serta menu kepada Warga Binaan,” tutup Sudirman. (Red)