itoday.id, Serang | Lembaga survei Pandawa Research merilis survei tentang kinerja kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Hasilnya, mayoritas masyarakat menyatakan puas atas kinerja Tatu selama memimpin Kabupaten Serang.

Tingkat kepuasan terhadap Tatu menurut survei Pandawa Research tersebut sangat tinggi, mencapai 71,4 persen. Sementara hanya sebagian kecil saja mengaku kurang puas, sebesar 24,5 persen. Sisanya sebanyak 4,1 persen tidak menjawab.

Pada survei yang dilakukan pada 9-12 Desember 2019 tersebut, Tatu dinilai sukses menjalankan program pendidikan, kesehatan, dan perbaikan infrastruktur jalan. Melalui survei dengan teknik multistage random sampling dan margin eror kurang lebih 4,8 persen, Tatu juga diinginkan kembali maju sebagai calon bupati Serang untuk periode kedua.

Direktur Eksekutif Banten Institute of Governance Studies (BIGS) Ahmad Daelami menilai, respons masyarakat terhadap kinerja kepala daerah dilihat dari hasil pembangunan yang dilaksanakan. Termasuk oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang di bawah kepemimpinan Ratu Tatu Chasanah.

“Respons masyarakat terhadap pemerintahan Tatu memang cukup baik ya. Mungkin karena pembangunan infrastruktur jalan yang getol dilaksanakan. Makanya hasil surveinya lumayan. Secara kualitatif, di kita juga ada penilaian dan kajiannya,” kata Daelami seperti dikutip salah satu media harian di Banten.

Peneliti Jaringan Suara Indonesia (JSI) Fajar S Tamin menilai, jika Ratu Tatu memiliki tingkat kepuasan lebih dari 70 persen, maka bisa dinyatakan sebagai strong incumbent. “Artinya, selaku incumbent, Ibu Tatu sulit dikalahkan dalam pilkada,” ujarnya.

Diketahui, survei yang dilakukan Pandawa Research bersifat independen, melalui koordinasi dan komunikasi dengan PDI Perjuangan. “Ya itulah mungkin cerminan masyarakat,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Serang Madsuri.

Penulis : Red