itoday.id, Kupang | Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melaksanakan kunjungan kerja ke Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (22/12). Kunjungan Panglima TNI dan Kapolri guna meninjau pengamanan Natal 2019 dan tahun baru 2020.

Kegiatan diawali dengan melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) di Mapolda NTT. Rakor diikuti oleh segenap pejabat TNI dan Polri di seluruh wilayah NTT.

Pengamanan Natal 2019 dan tahun baru 2020, harus dapat belajar dan merujuk pada pengamanan di tahun 2018. Masing-masing instansi telah mengetahui titik-titik kritis sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.

Peringatan Natal dan tahun baru tentunya akan melibatkan pergerakan masyarakat dan kendaraan dalam jumlah cukup besar. Oleh karena itu, dibutuhkan pelayanan publik di setiap wilayah. Dengan demikian, sudah seharusnya semua pihak mewaspadai dan mempersiapkan segala sesuatu sesuai bidang tugas masing-masing.

Dalam pengamanan even besar tersebut, yang patut diperhatikan juga adalah bukan sekadar mengamankan masyarakat, tetapi juga mengamankan petugas-petugas yang ditempatkan di lapangan.

Kegiatan dilanjutkan Panglima TNI dan rombongan meninjau langsung pengamanan di Gereja GMIT Jemaat Koinonia, Kuanino, Kupang.

Panglima TNI mengaku, kedatangannya bersama Kapolri untuk meninjau langsung pengamanan Natal dan tahun baru di Kupang. Hal ini demi terciptanya suasana yang kondusif saat Natal dan tahun baru.

“Saya dan Kapolri meninjau langsung situasi keamanan di Kupang untuk meyakinkan rencana pengamanan natal dan tahun baru telah siap. Sehingga TNI Polri mampu menghadirkan rasa aman dalam pelaksanaan Peringatan Natal dan Tahun Baru,” kata Gatot.

Setelah itu, Panglima TNI dan Kapolri langsung bergerak menuju Gereja Katholik Katederal Kristus Raja, Kupang dan berdialog langsung dengan para Prajurit TNI dan Anggota Polri yang bersiaga.

“Para prajurit agar pedomani SOP (Standar Operasional Prosedur) dan terus layani masyarakat dengan humanis,” katanya.

Penulis : Red