itoday.id, Jakarta | Anggota Komisi I DPR RI Rudianto Tjen meminta pemerintah bersiap melakukan evakuasi Terhadap warga negara Indonesia (WNI), yang berada di Timur Tengah. Ia menilai terdapat ancaman keamanan serius bagi WNI terkait konflik Amerika Serikat (AS) dengan Iran.

“Kondisi itu kan memang konflik kedua negara, ada WNI kita di sana bahwa ancaman, menurut kita itu sangat cukup serius. Untuk itu pemerintah harus melakukan evakuasi WNI di Timur Tengah, ini sesuatu yang sngat manusiawi karena perang konflik seperti itu bisa saja terjadi,” ujar Rudianto di Jakarta, Kamis (09/01/2020).

Terkait sikap terhadap konflik antara AS dengan Iran, politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, bahwa Indonesia merupakan negara non blok. Sehingga Indonesia dapat menjadi mediator antar dua negara yang tengah berkonflik.

“Kita sebagai negara non blok kalau bisa kita sebagai mediator, memediasi negara-negara yang punya kepentingan di sana yang terlibat dalam konflik, apapun konflik benar atau salah, itu pasti akan merugikan negara tersebut, kemudian juga sisi kemanuasiaan, perang itu tidak baik. Jadi perlu kita mediasi bisa ada perundingan bisa agar tak terjadi konflik,” paparnya.

Konflik AS dengan Iran meruncing setelah Komandan Pasukan Quds, Qasem Soleimani tewas dalam serangan yang dilakukan pasukan militer AS pada Jumat (03/01/2020) lalu.

Kematian tokoh yang berpengaruh itu memantik amarah Iran. Iran kemudian membalas dengan menembakkan puluhan rudal ke pangkalan militer AS di Irak, Kamis dini hari.

Penulis : Red