itoday.id, Jakarta | Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melantik Komjen Pol Gatot Eddy Pramono sebagai Wakapolri menggantikan Komjen Pol Ari Dono Sukmanto, yang akan memasuki masa pensiun. Upacara serah terima jabatan ini dilangsungkan di Aula Bareskrim Polri, Selasa (07/01/2020).

Selain Gatot, Idham juga melantik empat pejabat tinggi Polri lainnya, yakni Irjen Pol Nana Sudjana menjadi Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Agung Sabar Santoso sebagai Kapolda Banten, Irjen Pol Tomsi Tohir sebagai Kapolda NTB. Kemudian Irjen Pol Hendro Sugiatno sebagai Asisten Perencanaan (Asrena) Kapolri.

Saat upacara Sertijab, Idham mengucapkan sumpah kesetiaan pada negara. Pembacaan sumpah diikuti oleh para perwira tinggi yang menjalani serah terima jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Idham.

Sementara itu, Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, mutasi para pati Polri tersebut dilakukan untuk meningkatkan kinerja Korps Bhayangkara.

“Mutasi adalah hal yang alami dalam organisasi Polri, sebagai tour of duty dan tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter,” kata Argo.