Itoday.id | SLEMAN – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, berharap keberadaan tiga ruas jalan tol yang melintas di wilayahnya akan berdampak menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“Nanti akan ada tiga ruas tol yang melintasi Sleman, harapan kami keberadaan tol tersebut berdampak pada pertumbuhan dan peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya, Senin (17/10/2022).

Tiga tol yang akan melintasi wilayah Kabupaten Sleman yakni tol Yogyakarta-Bawen, Yogyakarya-Solo, dan Yogyakarta-Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo yang merupakan satu paket pembangunan tol Yogyakarta-Solo.

Saat ini pembangunan tol Yogyakarta-Solo seksi 3, yang menghubungkan Yogyakarta-YIA Kulon Progo telah dimulai dengan rencana pembebasan lahan.

Kustini menyatakan pihaknya telah menerima sosialisasi terkait pembangunan tol tersebut pekan lalu.

“Pemerintah Kabupaten Sleman mendukung rencana pembangunan tol tersebut,” katanya.

Menurut Kustini, dengan adanya tol tersebut, akses jalan ke wilayah Sleman juga akan semakin lancar dan mengurangi kemacetan lalu lintas.

“Dengan demikian ini juga akan berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke Sleman,” katanya.

Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Sleman diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ini juga akan memicu pengembangan destinasi dan desa wisata di Sleman, termasuk juga sektor ekonomi kreatif,” kata Kustini.

Tol Yogyakarta-YIA sepanjang 38,57 kilometer dari Yogyakarta menuju Kabupaten Kulon Progo ini akan melintasi empat kapanewon (kecamatan) di Kabupaten Sleman yakni Kapanewon Mlati, Gamping, Godean dan Moyudan.(Red)