Itoday.id, Banyumas | Sehari diguyur hujan, talud di atas rumah longsor, Sabtu sore (02/11/2019). Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, longsor membuat satu rumah warga di Banyumas, Jawa Tengah jebol bagian belakang, warga diminta waspada karena intensitas hujan cukup tinggi.

Rumah Wasis warga Desa Lesmana Kecamatan Ajibarang Banyumas rusak akibat longsor yang terjadi saat diguyur hujan seharian penuh. Ambrolnya talud setinggi 12 meter dengan panjang 13 meter tepat diatas rumah, selain pergerakan tanah, curah hujan yang tinggi menjadi pemicu terjadinya longsor.

Pemilik rumah mengaku sebelum longsor menimpa bagian dapur miliknya, mendengar suara gebrak serta getaran menyerupai gempa. Warga berhamburan keluar dan memastikan asal muasal suara serta getaran tersebut.

“saya habis mkan mie masuk ke belakang menaruh piring, setelah itu saya bermain hp mau telefon istri, tiba-tiba mendengar suara gebrak dan getaran dari belakang rumah seperti gempa bumi, waktunya sampai 5 menitan dan saya terus keluar karena takut, setelah saya keluar melihat talud diatas rumah ambrol menimpa bagian dapur,” ungkap Wasis.

Hingga Sabtu petang intensitas hujan masih berlangsung, kondisi itu sangat mengkhawatirkan warga yang bermukim di RT 01/RW 08 Grumbul Munggangsari Desa Lesmana.

Untuk sementara warga kini memilih untuk mengungsi ke temoat yang aman karena takut terjadi longsor susulan. Lokasi longsor memang padat penduduk, puluhan rumah warga lainya terancam, karena tanah di lokasi labil.

Aris Nurhayati, Kepala Desa Lesmana menjelaskan kepada Reportase.tv, “setelah mendapat laporan dari warga saya mendatangi lokasi longsor yang menimpa bagian rumah Wasis, laporan itu dilanjutkan ke dinas terkait/Koramil serta Polsek Ajibarang.”

“Saya menyampaikan kepada warga saya untuk mewaspadai, karena saat ini sudah mulai turun hujan, apabila terjadi longsor susulan untuk meninggalkan lokasi dan mencari tempat yang lebih aman,” tandas Aris.

Untuk mengantisipasi longsor susulan, penanganan longsor ditunda dan akan dikerjakan pada hari minggu. Pihak desa menghimbau warganya untuk selalu waspada jika hujan turun pada malam hari segera mengosongkan rumahnya dan mengungsi ke tempat yang aman.

Penulis : Adt