itoday.id | Serang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) sebagai upaya menjaga stabilitas harga menjelang Lebaran 2024. Kali ini, GPM digelar di halaman Kecamatan Kragilan pada 1 April 2024.

Kepala DKPP Kabupaten Serang, Suhardjo mengungkapkan, digelarnya Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) melalui GPM Tahun 2024 di Kabupaten Serang merupakan upaya pemerintah untuk menciptakan ketersediaan pangan di masyarakat yang cukup dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

Adapun fokus utama GPM untuk mengendalikan harga pangan agar tetap terjangkau oleh masyarakat serta mencegah lonjakan harga yang dapat memberatkan konsumen dan mengurangi daya beli masyarakat. ”GPM bulan Ramadan diharapkan memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat dan pemerintah daerah,”ujarnya.

Sebagaimana diketahui, kata Suhardjo, kebutuhan pangan meningkat menjelang dan pada saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) terutama bulan Ramadan, meningkatnya pengeluaran masyarakat untuk membeli kebutuhan pangan.

Meningkatnya kebutuhan, otomatis berpengaruh terhadap ketersediaan stok di daerah yang sedikit banyak akan mengalami gejolak harga. “Diharapkan, GPM mengurangi pengeluaran masyarakat yang kurang mampu, sekaligus mengurangi gejolak harga, yang berarti akan mengurangi inflasi di masyarakat,”terangnya.

Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan DKPP Kabupaten Serang, Mumun Munawwaroh mengatakan, GPM dilaksanakan atas kerja sama antara Pemkab Serang, Badan Pangan Nasional, Badan Usaha Milik Negara atau BUMN diantaranya Bulog Sub Divre Serang, Rajawali Nusindo (RNI), PT Wilmar Padi Indonesia, Bank bjb Banten, PT. Charoen Pokphand dan KTNA Kabupaten Serang. GPM merupakan bagian dari rangkaian kegiatan stabilisasi pasokan dan harga pangan dalam rangka HBKN Idul Fitri 2024.

”GPM dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia di berbagai provinsi maupun kabupaten kota. Acara dimulai dengan zoom bersama badan pangan nasional dan seluruh kabupaten kota penyelenggara GPM , dilanjutkan dengan pembukaan GPM di masing-masing lokasi,”ungkapnya.

Pantauan di lokasi, tampak ratusan masyarakat antusias untuk membeli kebutuhan pokok dengan harga lebih lebih murah ketimbang di pasaran. Pada GPM tersebut, DKPP Kabupaten Serang menjual berbagai bahan pokok kebutuhan sehari-hari masyarakat, mulai beras, daging, daging ayam, telur, sayur-sayuran dan lainnya.(Red)