itoday.id, Jakarta | Festival Pesona Lokal (FPL) Adira Finance menjadi pintu gerbang mengenalkan kearifan wisata dan budaya Indonesia. Festival Pesona Lokal yang memasuki edisi kedua ini merupakan tanda cinta Adira Finance untuk Indonesia.Kehadiran Festival Pesona Lokal menjadi persembahan Adira dalam memberikan kontribusi terbaik untuk mempromosikan wisata dan budaya Indonesia dengan mengedepankan kearifan lokal.Keberlangsungan Festival Pesona Lokal turut mendukung misi Kementerian Pariwisata dalam usaha mencapai target 275 juta wisatawan Nusantara dan 17 juta kunjungan wisatawan manca Negara.

’’FestivalPesonaLokal diharapkan membantu meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun manca negara yang memberikan dampak positif pada perekonomian di daerah,” ujar Hafid Hadeli selaku Direktur Utama Adira Finance.

Adira berkomitmen menjadikan Festival Pesona Lokal sebagai festival yang bisa mewarnai keberagaman wisata dan budaya di Indonesia. Selain itu, Festival Pesonal Lokal menjadi pintu gerbang bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat betapa beragamnya kekayaan wisata dan budaya Indonesia yang tersebar di seluruh pelosok negeri yang gemah ripah loh jinawi.

’’Inilah wujud komitmen kami untuk membantu mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia kepada masyarakat. Kami ingin memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa sesuai corporate branding Adira Finance untuk Indonesia,’’kata Swandajani Gunadi selaku Direktur SDM dan Marketing Adira Finance.

Festival Pesona Lokal 2019 menjadi salah satu program dan kegiatan CSR yang digelar setiap tahun untuk menyambut HUT Ke-29 Adira Finance. Tahun ini, Festival Pesona Lokal 2019 menjelajahi 7 kota besar di Indonesia yang diawali Agustus hingga November 2019.

Karnaval budaya, lomba tari kontemporer, desain motif khas lokal kontemporer sukses menghibur masyarakat di Medan, Denpasar, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta dan Jakarta yang menjadi kota persinggahan Festival Pesona Lokal 2019. Membeludaknya masyarakat yang menyaksikan Festival Pesona Lokal membasuh kerinduan hadirnya sebuah festival yang benar-benar bisa mengenalkan kearifan wisata dan budaya daerahnya.

Tahun lalu, Festival Pesona Lokal sukses digelar sembilan kota besar di Indonesia, yakni: Bandung, Solo, Malang, Bali, Makassar, Pontianak, Medan, Palembang, Jakarta. Adira berharap Festival Pesona Lokal bisa menjadi 100 event utama wisata di Indonesia sesuai dengan agenda Kementerian Pariwisata. ’’Kami terus menyempurnakan agar Festival Pesona Lokal bisa masuk 100 event utama wisata di Indonesia. Kami menuju ke arah itu,’’kata Swandajani.

Sukses itu tidak lepas dari kolaborasi Adira yang menggandeng stakeholder daerah setempat dan RCTI serta didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Pesona Indonesia). Dari 7 kota yang telah dilangsungkan, FPL dipadati puluhan ribu pengunjung untuk merasakan langsung sensasi kekayaan wisata dan budaya di daerahnya.

Tidak hanya Festival Pesona Lokal, Adira Finance juga menggelar kegiatanFestival Pasar Rakyat(FPR). Apa tujuannya? FPR dihadirkan untuk membangun citra positif pasar rakyat sebagai ruang publik yang kreatif, edukatif, dan berbudaya, serta mengajak masyarakat untuk kembali menghidupkan pasar rakyat di Indonesia.

Berkolaborasi dengan Yayasan Danamon Peduli (YDP) dan komunitas lokal setempat, kegiatan ini telah diselenggarakan di 5 kota yaituMagelang, Bogor, Mataram, Pontianak, dan Denpasar.

Penulis : Red