itoday.id, Jakarta | Kepala bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Hary Djatmiko mengatakan awal musim hujan tahun 2019/2020 untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, Jateng akan didominasi mulai akhir November dan awal Desember.

“Sedangkan untuk wilayah Jabar, DIY, Jatim, Bali, NTB, NTT Sulawesi, Papua dan Kalimantan pada bulan Awal hingga pertengahan Desember 2019,” kata Hary.

Ia menambahkan, puncak musim hujan di wilayah DKI Jakarta diprediksi terjadi pada bulan Februari tahun depan. “Puncak musim hujan tahun 2019/2020 untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, Jateng Bali, NTB, NTT di mana terjadi di bulan Februari 2020. Sedangkan untuk wilayah Jabar, DIY, Jatim, Sulawesi, Papua dan Kalimantan pada bulan Maret 2020,” terangnya.

Dia juga meminta untuk mewaspadai wilayah-wilayah yang berpotensi banjir selama periode musim hujan 2019/2020. “Tingkat kewaspadaan lebih pada bulan puncak musim hujan yaitu pada Januari, Februari hingga Maret 2020, khususnya untuk wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Papua,” tuturnya.

Penulis : Red