itoday.id | Tangerang Selatan – Kepala Kanwil Bea Cukai Banten, Rahmat Subagio menerima kunjungan Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika (PPAK) di Ruang Rapat Lantai 2 Kanwil DJBC Banten, Kamis (1/2/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh 7 (tujuh) perwakilan Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika (PPAK) yang dipimpin oleh Ketua Harian PPAK, Kusuma Ida Anjani. Ketua Harian PPAK, Kusuma Ida Anjani menjelaskan secara singkat terkait Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika (PPAK).

Kepala Kanwil DJBC Banten, Rahmat Subagio didampingi oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, F. Masdiani dan Kepala Seksi Perizinan dan Fasilitas II, Heru Sutawijaya menerima kunjungan tersebut.

Sebagai informasi, Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika (PPAK) adalah pelaku usaha yang berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi bangsa dan pemerataan penyerapan tenaga kerja (industri termasuk UMKM, Asosiasi dan Pemasok).

Ketua Harian PPAK, Kusuma Ida Anjani menjelaskan Organisasi ini dibentuk untuk menjadikan bidang Kosmetika dapat berperan dalam meningkatkan perekonomian Indonesia dan kemudahan bagi anggota PPA Kosmetika dalam mengembangkan usahannya secara berkesinambungan. Lebih khususnya, kegiatan audiensi membahas terkait pemberian fasilitas cukai etil alkohol dan hal-hal lain guna mendukung perkembangan dan kemajuan UMKM pada bidang Kosmetik.

Dijelaskan bahwa, pemberian fasilitas pembebasan cukai atas etil alkohol yang digunakan untuk bahan baku atau bahan penolong dalam pembuatan Barang Hasil Akhir (BHA) yang bukan merupakan Barang Kena Cukai (BKC) melalui proses produksi terpadu dan tanpa melalui proses produksi terpadu. Etil Alkohol ini nantinya dapat digunakan sebagai bahan penolong pembuatan untuk keperluan produsen kosmetik.

“Hal ini dapat mendorong industri sektor kosmetik untuk meningkatkan ekspor. Ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi kami bertukar pikiran dan melakukan focus group discussion bersama dengan Bapak Kakanwil DJBC Banten dan seluruh jajaran,” ungkap Kusuma.

Dalam kesempatan ini, kami juga memberikan apresiasi sedalam-dalamnya atas seluruh pendampingan dan juga support yang diberikan kepada pelaku UMKM khususnya yang berada di wilayah Banten.

“Semua dukungan yang telah diberikan oleh Kanwil DJBC Banten sangat berkontribusi positif terhadap perkembangan kosmetika dan harapan kami ke depannya sinergi dan kolaborasi ini dapat terus berlangsung dan menjadi pendorong besar untuk perkembangan produk-produk kosmetika yang ada di dalam negeri dan juga peningkatan ekspor di kancah Global” Ujar Kusuma Ida Anjani.

Ketua DPD PPA Kosmetika Banten, Henry Suhardja juga mengucapkan “terima kasih kepada Kanwil DJBC Banten atas partisipasi dalam meningkatkan kinerja industri kosmetik terutama UMKM yang ada di wilayah Banten, sinergitas perlu diteruskan dan dikembangkan demi kemajuan industris kosmetik nasional” ujar beliau.

Kepala Kanwil Bea Cukai Banten, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Bea Cukai untuk mendengarkan aspirasi dari para penggunajasa khususnya di wilayah kerja Kanwil Bea Cukai Banten.

“Pertemuan yang kita laksanakan hari ini semoga dapat menjadi komunikasi yang baik. Silahkan sampaikan hal-hal yang dirasa kurang pas atau membingungkan sehingga kami bisa menanggulangi dalam jangka pendek, menengah, atau panjang.” ujar Rahmat Subagio.

Bea Cukai Banten berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan para pengguna jasa di wilayah kerjanya. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan mau menerima dan mendengarkan setiap aspirasi yang disampaikan oleh para penggunajasa.

Hal ini sejalan dengan salah satu misi Bea Cukai terkait Industrial Assistance dan Trade Facilitator, senantiasa berusaha memberikan asistensi stakeholdernya dan dapat memfasilitasi kebutuhan peningkatan bisnis para pengusaha. (Red)