itoday.id | Tangerang Selatan –  Bea Cukai Banten dan Bea Cukai Tangerang melaksanakan  donor darah dalam rangka menyemarakkan Hari Pabean Internasional Tahun 2024 di Aula Bea Cukai Tangerang, 31/1/2024.

Kegiatan ini merupakan momen yang penuh dengan makna dan nilai-nilai kemanusiaan dan sebagai bentuk suatu tindakan solidaritas, yang tidak hanya bermakna bagi individu yang memberikan sumbangannya, tetapi juga bagi masyarakat pada umumnya.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Banten, Rahmat Subagio membuka kegiatan yang melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan  bersama-sama berkomitmen untuka menjalankan misi kemanusiaan berbagi darah, harapan, dan kehidupan.

“Penyelenggaraan kegiatan donor darah ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mendukung program donor darah serta menjadi peluang untuk mengedukasi masyarakat mengenai manfaat dan kebutuhan akan pasokan darah yang memadai di berbagai rumah sakit dan pusat kesehatan,” Kata Rahmat.

Menurut Rahmat, semakin banyak individu yang berpartisipasi dalam donor darah, semakin besar peluang untuk menyelamatkan nyawa mereka yang membutuhkannya.

“Sebelum menjalani proses donor darah, tiap pendonor menjalani pemeriksaan kesehatan yang ketat. Tindakan ini dijalani di bawah pengawasan tim medis yang telah terlatih untuk memastikan bahwa pendonor memenuhi kriteria medis,” tuturnya.

Tahap ini sangat penting karena darah yang akan disumbangkan harus memenuhi standar kesehatan tertentu agar bisa digunakan dengan aman oleh penerima yang membutuhkannya

“Proses ini mencakup pemeriksaan tekanan darah, denyut jantung, dan level hemoglobin dalam darah. Setelah proses pemeriksaan ini selesai, selanjutnya pendonor dapat melanjutkan untuk melakukan donor darah,” terangnya.

Tercatat, jumlah pendonor yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 94 orang dengan jumlah kantongyang terkumpul sebanyak 61 kantong.

“Hal ini sangat berguna untuk menambah pasokan darah PMI Kota Tangerang Selatan yang nantinya dapat dipergunakan untuk seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan khususnya di Kota Tangerang Selatan,” ungkapnya.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Banten, Rahmat Subagio menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini sangat penting untuk dilakukan secara rutin. Peringatan Hari Pabean Internasional Tahun 2024 dengan melakukan bantuan kemanusiaan berupa donor darah ini, meningkatkan rasa kepedulian sosial atas ketersediaan dan penggunaan dari darah, serta produk darah yang aman untuk disumbangkan kepada Saudara kita yang membutuhkan.

“Kami mengapresiasi semua pihak yang turut serta dalam penyelenggaraan kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat,” tambah Rahmat.

Dengan adanya kegiatan donor darah ini, Bea Cukai Banten menunjukkan komitmennya dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Selain itu, harapannya bahwa kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi instansi lain dan masyarakat umum untuk terus melakukan aksi sosial yang bermanfaat dalam membangun bangsa yang lebih kuat dan bersatu.

“Bea Cukai Banten juga berharap semangat kepedulian yang ditunjukkan dalam kegiatan donor darah ini akan terus membara dalam diri kita semua,” harap Rahmat.

Peringatan Hari Pabean Internasional Tahun 2024 bukan hanya saat untuk merayakan prestasi ekonomi dan peran Bea dan Cukai, tetapi juga untuk merayakan kekuatan solidaritas dan empati dalam berbagi dan peduli dengan sesama manusia.

“Terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, dan semoga semangat kepedulian ini terus dapat dipertahankan dan dikembangkan,” tutupnya. (Red)