itoday.id, Cilegon Banten | Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Al-Khairiyah, H. Ali Mujahidin secara resmi mengeluarkan imbauan kepada seluruh masyarakat Kota Cilegon dan seluruh warga Banten agar mematuhi Maklumat Kapolri terkait penyebaran Virus Corona (Covid-19).

“Saat ini kita semua di seluruh dunia sedang menghadapi penyebaran Virus Corona. Ini merupakan ujian bagi kita semua, dan tentunya kita semua harus bersabar dengan tetap bersemangat dan bersatu padu menghadapi penyebaran Virus Corona,” ujarnya kepada awak media, Selasa, 31 Maret 2020.

“Semua ujian dan takdir itu adalah kehendak Allah SWT, sehingga dalam hal ini paling tidak ada tiga hal penting yang perlu kita lakukan bersama. Pertama, kita senantiasa berdoa kepada Allah SWT, semoga diri kita, keluarga kita, saudara dan sahabat-sahabat kita semua terhindar dari penyebaran virus Covid-19,” tuturnya.

Kedua, lanjutnya, semua pihak harus mendukung, percaya, berprasangka baik kepada Pemerintah, baik pemerintah Pusat, Provinsi dan seluruh jajarannya yang sudah berkejibaku menangani penyebaran Virus Covid19 dengan segala kehati-hatian dan kesungguh -sungguhannya menangani virus Covid-19.

“Juga jangan lupa kita selalu mendoakan semua tenaga kesehatan, keamanan dan semua pihak yang terkait dengan tim penanganan virus Covid-19, serta senantiasa mentaati Maklumat dari Kapolri,” pungkasnya.

Ketiga, kata H. Ali Mujahidin, masyarakat harus meningkatkan kesadaran tentang betapa berbahanya penyebaran virus Covid-19.

“Untuk itu, kita harus taat mengikuti anjuran pemerintah diantaranya, stay at home (berdiam di rumah), menjaga jarak (social distance), menghindari dari kerumunan masyarakat, menghindari dari perkumpulan yang tidak perlu, menghindari kontak resiko dengan orang lain, meningkatkan daya tahan tubuh dengan minum vitamin E dan C, serta berjemur pada sinar ultraviolet matahari pada saat pagi hari, dan olahraga meskipun ditempat saja, bila kita merasa ada gejala flu, batuk dan demam dengan rasa yang tidak biasa segera periksakan diri kita pusat kesehatan terdekat,” jelasnya.

Namun demikian, kata H. Ali Mujahidin, masyarakat tidak perlu panik meskipun tidak boleh anggap ringan masalah penyebaran virus Covid-19.

“Yakinlah dengan Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari bahwa Rasullullah SAW bersabda ‘Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali dia juga menurunkan penawar atau obatnya’. Semoga ini bermanfaat bagi kita semua, Indonesia Kompak dan tetap semangat menghadapi bersama penyebaran virus Covid-19. Semoga semuanya dapat cepat berlalu,” tuturnya.

Hal senada dikatakan oleh Sekjen PB Al-Khairiyah, H. Nawawi Sahim als Haji Wawi.

Pihaknya juga memberikan himbauan kepada masyarakat Kota Cilegon terkait Virus Corona. Himbauan tersebut disampaikan dalam video singkat yang dibagikan kepada masyarakat.

Haji Wawi menyampaikan, bahwa pihaknya mendukung kebijakan Pemerintah terkait pencegahan wabah Virus Corona.

“Kita harus mematuhi imbauan pemerintah dengan berdiam di rumah, menghindari dari kerumunan masyarakat, rajin mencuci tangan dengan sabun, biasakam melakukan pola hidup sehat, melakukan social distance, mengonsumsi vitamin C dan E untuk menunjang kebutuhan vitamin oleh tubuh, berjemur sinar ultraviolet matahari pagi hari, serta apabila ada masyarakat yang memiliki keluhan demam, batuk dan disertai sesak nafas agar segera memeriksakan diri ke Rumah Sakit terdekat agar dapat segera dilakukan penanganan medis,” ungkapnya.

Selain itu, H. Wawi sebutan akrabnya juga menyampaikan dalam testimoninya, dalam rangka mengahadapi Pilkada Kota Cilegon Tahun 2020, pihaknya mengimbau kepada warga Kota Cilegon untuk bersama-sama menjaga ketertiban masyarakat dengan menjaga etika berpolitik, etika bermasyarakat, untuk tidak saling melakukan Provokasi Politik terhadap lawan satu dengan yang lainnya.

Ia juga menyampaikan agar seluruh masyarakat Kota Cilegon agar mematuhi Maklumat yang telah dikeluarkan oleh Kapolri.

Penulis : Red