itoday.id, Purbalingga | Puluhan ribu warga masyarakat Purbalingga turun ke jalan untuk menyaksikan Purbalingga Culture Vaganza. Masyarakat menyemut sepanjang jalur yang dilalui peserta Purbalingga Culture Vaganza, Sabtu (28/12/2019).

Pawai ini merupakan kegiatan terakhir dari seluruh rangkaian peringatan hari jadi ke 189 Kabupaten Purbalingga. Bupati Dyah Hayuning Pratiwi beserta Forkompinda mengenakan kebaya dan beskap berjalan dari pendopo Dipokusumo menuju panggung kehormatan yang ada di depan Bank Jateng Jalan Jenderal Soedirman.

“Hari ini kami sedang melaksanakan kegiatan Purbalingga Culture Vagansa yang merupakan gabungan dari Purbalingga Vagansa dan Pawai Budaya, mudah-mudahan lancar dan menghibur. Tampilan unggulan hari ini berasal dari Banyuwangi Ethno Carnival dan sejumlah kabupaten tetangga yang ikut berpartisipasi. Harapannya ke depan kegiatan ini dapat diterus berjalan tiap tahun dan menjadi event pariwisata besar untuk menarik banyak wisatawan dari luar untuk bisa hadir dan berkunjung di Kabupaten Purbalingga,” kata Bupati Tiwi.

Pawai budaya sengaja digelar untuk menghibur seluruh masyarakat Purbalingga sekaligus meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap seni budaya lokal Purbalingga. Ini merupakan rangkaian hari jadi Kabupaten Purbalingga ke 189.

“Di hari ulang tahun tentunya kita berharap penyelenggaraan pemerintahan, kegiatan pembangunan, kegiatan kemasyarakatan di Purbalingga dapat berjalan dengan lancar. Warga masyarakatnya lebih rukun, Purbalingga kedepan lebih sukses, lebih maju dan masyarakatanya lebih sejahtera.” harapnya.

Ditambahkan Bupati Tiwi, tampilan berbagai macam kesenian yang ada di Kabupaten Purbalingga dalam acara Purbalingga Culture Vaganza merupakan bentuk kepedulian pemerintah pada bidang kesenian dan kebudayaan. Bahkan pemerintah cukup intensif memfasilitasi berbagai macam kesenian. Saat ini pemerintah Purbalingga sedang mendorong sektor partiwisata. Sektor pariwisata ini biasanya identik dengan kesenian, kebudayaan dan kearifan lokal yang ada di Purbalingga.

Ketua Panitia Purbalingga Culture Vaganza Siswanto, rombongan Purbalingga Vaganza terrdiri dari 118 orang dengan start dari pendopo Dipokusumo dan finish di Bank Jateng. sedangkan peserta Pawai Budaya terdiri dari 62 grup kesenian dan 5 bintang tamu.

“Bintang tamu yang hadir pada pawai budaya berupa grup Reog Ponorogo, paguyuban etnis dan perantau seperti Ikatan Keluarga Minang, Tionghoa dan gabungan etnis Batak, Madura dan Arab. Disusul 24 gurp kesenian dari OPD, 18 grup dari sanggar/kecamatan, 5 instansi vertikal dan 15 grup kesenian sekolah.” kata Siswanto.

Penulis : Red