itoday.id, Solo | Bakal Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyebut keputusan bertarung pada Pilkada 2020 sudah mendapatkan restu dari Presiden RI, Joko Widodo alias Jokowi. Kendati demikian, ia menegaskan tidak butuh endorse atau dukungan dari sang ayah yang merupakan orang nomor satu di Indonesia.

Menurut Gibran, selama ini semuanya dilakukannya sendiri. Mulai dari pendaftaran hingga fit and proper tes di partai politik. “Kayak apa aja toh. Saya kemana-mana sendiri. Daftar sendiri, fit and proper test sendiri,” kata Gibran di Solo, Senin (23/12/2019).

Selama ini, Gibran selalu ditemani warga dan relawan. Dukungan warga dan relawan itu sudah cukup baginya. Toh, status ayahnya sebagai Presiden RI tentunya harus memikirkan orang banyak.

“Presiden urusane okeh (urusannya banyak), kok ngurusi hal hal cilik (kecil),” katanya.

Yang penting, lanjut dia, Jokowi sebagai ayah sudah memberikan restu. Ia malah tidak ingin ayah yang juga Presiden RI malah turun tangan membantunya dalam pilkada. “Ya masak tidak (restu Jokowi-red),” kata Gibran soal restu Jokowi.

Pernyataan itu disampaikan Gibrakan untuk merespons adanya anggapan bahwa dirinya maju pada Pilwalkot Solo tanpa dukungan Jokowi. Toh, selama ini Jokowi yang juga mantan Wali Kota Solo belum menunjukkan dukungan nyata kepada Gibran.

Penulis : Red