itoday.id, JAKARTA | Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung upaya pemerintah melalui Kementerian Sosial dalam menyiapkan Peraturan Menteri Sosial (Permensos) terbaru terkait bantuan sosial (bansos) yang di dalamnya akan mengatur mengenai pendamping sosial termasuk sanksi bagi penyelewengan bansos.

“Saya mendukung upaya pemerintah yang tengah menyiapkan Permensos terbaru terkait bansos tersebut walaupun agak terlambat, sebab Permensos seharusnya dibuat sebelum terjadi penyimpangan. Kemensos perlu bertindak untuk memperbaiki kelemahan di lapangan guna memperkecil celah yang dimanfaatkan pendamping sosial,” ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Dia meminta Kemensos untuk segera merampungkan Permensos tersebut guna mencegah permasalahan-permasalahan yang kerap terjadi dalam proses penyaluran bansos, salah satunya terkait dengan pemotongan dana bansos.

Di sisi lain dia juga meminta masyarakat maupun media untuk terus ikut mengawasi pelaksanaan bantuan sosial di sekitarnya dan mengimbau masyarakat yang mengerti dan paham teknologi untuk dapat mewakili laporan warga yang gagap teknologi terkait permasalahan penerimaan bansos.

Bamsoet juga meminta Kemensos bersama aparat kepolisian untuk dapat menindaklanjuti setiap adanya pelaporan penyimpangan bansos COVID-19, disamping terus mengawasi setiap informasi di daerah terkait aksi pungli dan penyunatan dana bansos.(*)